Apa itu Domain,Jenis dan Kegunaanya

Banyak dari kita yang bertanya apa itu Domain dan apa fungsinya.Well di artikel kali ini mungkin bisa menjelaskannya sedikit,tapi sebelumnyaa..Hello youngSociety kembali lagi dengan blog ini.Blog yang membahas seputar komputer dan jaringan.
Apa itu Domain?.Domain adalah sebuah nama yang dibuat untuk mengidentifikasikan,mentranslate,dan mengganti alamat IP dari server.Contohnya adalah jika server/hosting kita memberikan IP 102.4.3.104 untuk web kita,lalu jika teman atau kamu ingin mengakes web itu,kita harus memasukan ip itu kedalam pencarian browser,dan jelas itu akan ribet dan susah di ingat bukan?.Dari sini lah fungsi domain yaitu mentranslate IP tadi menjadi huruf atau kata hingga menjadi alamat web yang mudah diingat.Contohnya seperti,saya mempunyai blog/web dengan domain 1frekuensi.blogspot.com dan IP yang diberikan dari server adalah 102.4.3.104,maka domain dari 102.4.3.104 adalah 1frekuensi.blogspot.com.

Pada Domain terdiri dari 2 bagian atau lebih,yaitu label dan TLD (top level domain).Misalnya 1frekuensi.com ,maka 1frekuensi adalah lebelnya,dan .com adalah TLD-nya.Tapi ada juga web yang memakai subdomain contohnya seperti 1frekuensi.blogspot.com labelnya 1frekuensi,sub domain nya .blogspot,lalu tldnya .com.
Satu domain juga bisa digunakan untuk mentranslate lebih dari satu  IP.Contohnya seperti tkj.server.com dan rpl.community.com.Jadinya tkj.community.com berada pada server tkj ,dan rpl.community.com berada di server rpl.Bisa juga dalam satu server tetapi setiap domain harus berbeda direktori,jadi tkj.community.com berada pada direktory tkj dan rpl.community.com berada pada directory rpl.



Jenis dan Kegunaan Dari Domain.


  • .com : Digunakan untuk komersial.Untuk di beberapa negara .com ini dibagi lagi,sperti .co.id (indonesia) .co.us (USA) .co.uk(inggris).
  • .org : Digunakan untuk untuk organisasi.Untuk di beberapa negara .org ini dibagi lagi,sperti .or.id (indonesia) .or.jp (jepang) .or.uk(inggris).
  • .edu : Untuk lembaga pendidikan seperti ach.id (untuk SD,SMP,SMA,SMK) dan ach.id (untuk perguruan tinggi).
  • .gov : Untuk pemerintahan.Untuk di indonesia .go.id.
  • .net : Digunakan untuk kepentingan jaringan,tapi sekarang banyak juga web komersil menggunakan tld ini,karena .net ini sebagai pilihan kedua ketika .com tidak tersedia dalam pemilihan domain.


Nah itu dia tadi sedikit pengertian,jenis dan kegunaan dari domain.Jika kamu belum paham atau kurang jelas bisa ditanya kan di kolom komentar dibawah ini.Jika ada kesalahan dalam penjelasan dan kata mohon dikoreksi dan bantu Authors untuk membenarkannya.Sampai disini dulu perjumpaan kita,Wassaalamuailaikum..sampai jumpaa..

Comments

Popular Posts